- kemampuan mengerti konsep dan istilah matematika
- kamampuan untuk mencatat kesamaan, perbedaan, dan analogi
- kemapuan untuk mengidentifikasi elemen terpenting dan memilih prosedur yang benar
- kemampuan untuk mengetahui hal yang tidak berkaitan
- kemampuan untuk menaksir dan menganalisis
- kemampuan untuk memvisualisasi dan menginterprestasi kuantitas atau ruang
- kemampuan untuk memperumum berdasarkan beberapa contoh
- kemampuan untuk berganti metode yang telah diketahui
- mempunyai kepercayaan diri yang cukup dan merasa senang terhadap materinya
saran untuk pengajar
Menurut mereka, untuk mengembangkan kemampuan di atas, guru memberikan hal berikut:
- Ajari siswa dengan berbagai strategi yang dapat digunakan untuk berbagai soal
- berikan waktu yang cukup untuk siswa mencoba soal yang ada
- ajaklah siswa untuk menyelesaikan dengan cara yang lain
- setelah jawaban diperoleh, ajaklah siswa untuk melihat kembali, melihat kemungkinan lain, mengatakan dengan bahasa sendiri, kemudian ajaklah untuk mencari penyelesaian dengan cara yang lebiih baik
- jika kita berhadapan dengan materi sulit, tidak berarti kita harus menghindar. tetapi gunakan cukup waktu untuk mengulang dan mengerjakan soal serupa, dan kemudian soal-soal yanmg lebih menantang
- fleksibilitas di dalam pemecahan masalah (problem solving) merupakan perilaku belajar yang baik
Setya Budhi, Wono. 2006. Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika .Ricardo.jakarta Selatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
untuk komentar berupa materi tambahan, tuliskan nama/almt email anda